HARUM MANIS RESTAURANT


Anyeonghaseyo ~~ Uda lama banget gak sih aku gak ngebahas restoran dengan spesialisasi di masakan Indonesia? Kayaknya uda lama ya, nah aku kali ini lagi mau ngebahas salah satu restoran dengan spesialisasi makanan Indonesia yang ada di Jakarta. Awal mulanya dimulai dari ngidam temen aku akan nikmatnya makanan Indonesia, dimana ngidam itu menular ternyata ke aku dan temen aku lainnya.


Ngidam tersebut akhirnya direalisasikan dengan aku dan temen-temenku makan di restoran yang namanya Harum Manis. Sebenernya aku uda pernah denger nama restoran ini sebelumnya, tapi karena waktu itu iseng nyari referensi di Chope akhirnya kita decide makan di Harum Manis karena aku bisa redeem Chope Dollars disini. Apa itu Chope Dollars dan apa itu Chope, bisa kalian cek di postingan aku yang ini ya



Singkat cerita, aku akhirnya reservasi di Harum Manis restoran melalui aplikasi Chope setelah aku redeem Chope Dollars aku dengan voucher makan disini senilai 300 ribu Rupiah. Sebenernya pada saat reservasi, diinfo juga sama applikasi Chope kalau mereka lagi ada deals diskon sebesar 20% of food bill ! Lumayan banget kan? Cuma karena aku mau pake vouchernya, jadinya promonya gak bisa digabung deh hehe. Untuk detail promo apa saja dari Chope di Harum Manis kamu bisa cek disini



Harum Manis restoran sendiri berada di dalam Retail Arcade Apartemen Pavilion, yang berada di samping Citywalk Sudirman. Ketika kamu memasuki restoran ini, kamu akan disambut oleh staff mereka yang ramah dan mengantar kamu ke meja yang sudah kamu reservasi. Dekorasi yang dihadirkan oleh Harum Manis sendiri sangat elegant dengan dominasi kayu coklat yang ada di dalamnya. Nuansa restoran Indonesia sangat terasa dari perabot yang mereka gunakan dan alunan musik khas restoran jawa yang ada di dalamnya.


Es Campur Harum Manis

Bagaimana dengan makanan yang Harum Manis sajikan? Dari menunya saja kamu uda tau bahwa ini adalah surganya makanan Indonesia ! Menu makanan dan minuman yang mereka sajikan semuanya tidak asing di telinga pecinta makanan Indonesia ! Sayangnya menurut aku porsi makanan yang mereka sajikan tidak terlalu besar sehingga beberapa temen aku merasa harganya a little bit overprice. Rasanya? Akan aku review di bawah ini !


1. Mie Goreng Jawa – 75.000

Disajikan di atas kuali kecil, mie goreng jawa Harum Manis ini dari segi presentasi memang tidak terlalu mengugah selera, tapi pas dimakan gila menurut aku rasanya otentik makanan indonesia banget sih. Disajikan dengan potongan daging ayam, bakso, telur orak-arik dan kerupuk udang, menurut aku mienya teksturnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek juga. Mienya juga tidak terlalu basah dan kuahnya sedikit kental


2. Nasi Goreng Special Harum Manis – 85.000

Sama dengan mie goreng jawa, penyajian nasi goreng special Harum Manis ini juga dilakukan di atas kuali kecil gitu. Rasanya menurut aku pribadi seperti nasi goreng rumahan which is bukannya tidak enak, tapi membawa sensasi masakan rumah di lidah aku. Rasa pedasnya tidak terlalu pedas dengan potongan daging ayam, bakso dan telur ceplok atau sunny side up.


3. Sate Ayam Mbok Ayu – 105.000

Another highlight di restoran Harum Manis, to be honest makanan disini enak-enak menurut aku cuma porsinya aja yang terlalu kecil hahaha. Sate ayam mbok ayu ini rasanya otentik Indonesia banget dengan sambal kacang yang disajikan bersama dengan satenya. Tekstur daging satenya empuk sekali dan bumbu kacangnya teksturnya tidak terlalu kasar dan rasa bumbunya juga gurih apalagi dicampur dengan nasi hangat.


4. Soto Betawi Daging – 105.000

Kindly noted kalau rasa otentik di restoran Harum manis pastinya sudah disesuaikan dengan lidah western karena mostly customer mereka memang orang asing (kebanyakan orang jepang, sampai menunya ada tulisan jepang). Termasuk untuk soto betawi ini, meskipun rasa kuahnya masih gurih tapi tentunya tidak segurih soto betawi yang medok rasanya. Dagingnya disini empuk dan jangan lupa ada sepiring kerupuk emping yang disediakan untuk kamu.


5. Bir Pletok Dingin – 50.000

Mungkin pada gak tau atau mungkin tau kalau Bir Pletok adalah bir tradisional asli Betawi yang sebenarnya tidak mengandung bir secara harafiah. Nah di Harum Manis juga mereka menjual minuman ini which is jarang aku temuin di tempat lain, akhirnya aku cobain pesen juga deh disini. Rasa jahe dan serainya terasa banget disini dan menurut aku Harum Manis berhasil membuat minuman ini sesuai dengan yang aku pernah coba sebelumnya.


6. Es Cincau Hijau – 50.000

Minuman khas Indonesia lainnya yang disajikan di restoran Harum Manis, disini cincau hijaunya besar-besar ukurannya dan banyak banget menurut aku sih. Rasanya juga tidak terlalu manis dan menyegarkan sekali, menunjukkan bahwa gak cuma makanan mereka yang enak tapi minuman khas Indonesia mereka juga endess.


Overall adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk makan di Harum Manis, despite harganya yang sedikit mahal dibanding dengan porsi yang ditawarkan, rasa makanan yang ada di Harum Manis menurut aku enak-enak dan cukup memuaskan lidah aku dan temen-temen aku hehe. Dengan harga hampir 700 ribu untuk berempat, aku cuma bayar 400 ribuan karena menggunakan voucher senilai 300 ribu yang aku redeem dengan Chope Dollars yang aku kumpulkan. Chope Dollars ini juga bisa dituker dengan discount voucher seru dari Zalora, HappyFresh, Agoda dll ! Kalau kalian belum punya Chope Dollars, bisa reservasi dan enjoy their 20% of food bill deals . Banyak kan keuntungan pake Chope? Makanya download aja sekarang!

Harum Manis Restaurant
Retail Arcade Apartemen Pavilion
Jl. K.H. Mas Mansyur , Sudirman, Jakarta
021-57941727

Harum Manis Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato
HARUM MANIS RESTAURANT HARUM MANIS RESTAURANT Reviewed by Oppa Kuliner on January 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.