HONGKONG TRIP : TIPS DAN TEMPAT WISATA DI HONGKONG (MUST VISIT PLACE DI HONGKONG)


Anyeonghaseyo teman-teman sebangsa dan setanah air bumi pertiwi Indonesia (berasa pidato ketua RT yes) ! Karena banyak banget permintaan baik melalui direct message Instagram atau komen di Instastory Oppa mengenai my trip di Hongkong, so i decide to share with you guys suka duka dan keluh kesah selama di negara tersebut. Tulisan ini dibuat sesuai selera dan pengalaman Oppa ya, so kalau ada temen-temen yang mungkin pernah ke tempat wisata dimaksud dan had a different experiences (either bad or good) then no judgment here ya (plis jangan bully Oppa wahai kaum Netizen maha benar ✌). Mohon maaf juga neh sebelumnya kalau pas membaca ini kalian harus menahan mual dan emosi karena harus melihat keindahan tempat wisatanya rusak karena ada oknum penganggu (read : MYSELF). Maklum kak ''Instagram Slave'' kak demi konten ala-ala syahrini yes padahal tinggi badan aja ga mendukung kak😂. So let's start from the tips dulu ya !

TIPS:

1. Berburu tiket pesawat yang murah

Ini penting banget lho guys, karena banyak banget promo yang memungkinkan untuk kalian kesini tanpa ngeluarin kocek berlebihan. Kenapa Oppa bahas ini? Karena Oppa hanya memerlukan 1.8 Juta Rupiah untuk tiket PP Pesawat melalui promo gila-gilaan dari traveloka ! Pesawatnya sendiri juga bukan lumayan lah ya, Malaysia Airlines shay. So kalian harus rajin ya pantengin promonya !

Me when i got the cheap ticket for traveling

2. Ga perlu heboh soal Visa

Ini Oppa perlu bahas karena lebih dari 3 orang follower Oppa nanya ''Oppa ngurus visanya susah ga?" SHAY Hongkong bukan China yang perlu visa, jadi santai aja ya. Kamu bebas kesini tanpa ngurus visa dan plus kamu bisa nyebrang ke Macau juga tanpa visa (punya passport tapi ya guys) ! Kalau ke China dari Hongkong? Yah ini perlu visa shay atau ga kamu dideportasi yes. So no visa ya guys untuk kalian yang mau ke Hongkong.

Kartu Ajaib Yes

3. Kalian perlu Kartu Ajaib

Kalian perlu namanya kartu ajaib once kalian arrive di Airport yes. SIM CARD? Bukan shay. Kartu Jakarta Sehat? Bukan gengs. Kartu Remi? Yes buat main di hotel yes 😀. Kalian butuh namanya Octopus Card. Kartu ini tersedia di bandara di bagian informasi bernama ''Airport Express'', fungsinya untuk kalian gunakan kayak Flazz BCA kalau disini. Jadi kalian naik bus, MTR ataupun belanja di beberapa store (711 misalnya) menggunakan kartu ajaib itu. 

Harganya HKD 150 dengan isi di dalamnya sebesar HKD 100 (jadi HKD 50 itu sebagai deposit, yang kalian bisa refund pas mau pulang ke Indonesia), nah kartu ini bisa diisi di stasiun MTR yang ada dengan menggunakan pecahan uang HKD 50, HKD 100 dan seterusnya. Nah kalau pas mau pulang masih ada sisa gimana Oppa? Ya kalian bisa refund juga sekalian ambil uang deposit kalian tadi deh. Biaya refundnya cuma HKD 9 aja kok. NOTE: DI MACAU KARTU INI MO YOUNG ALIAS GA BERGUNA YA.

Tempat Pembelian SIM CARD di Bandara

4. Kalian perlu data

Sebagai generasi yang lahir di zaman dimana Internet adalah jawaban semua permasalahan, Oppa pasti perlu data internet setiap traveling ke negara manapun. Bukan supaya bisa instastory yes, tapi simply karena we need GOOGLE MAPS. Kalau menurut Oppa kalian butuh banget aplikasi ini, bukan karena Oppa ga bisa baca peta (ya ga bisa juga sih sebenernya), tapi ini memudahkan kalian untuk tau bus nomor berapa yang kalian perlu naik dan jalur line MTR mana yang kalian harus turun. So data internet is a must disini kecuali mau seru-seruan ala-ala ya.


Kalian bisa dapetin data dengan dua cara disini, pertama kalian bisa menggunakan Modem (banyak referensi modem untuk disewa di HK) atau SIM CARD. Oppa akan bahas metode kedua karena Oppa beli SIM CARD saat stay disini karena after compare dengan modem masih lebih murah SIM CARD. Oppa beli CSL SIM CARD (cek lebih lanjut ya untuk informasi lengkap) untuk turis dengan harga HKD 118 dan total data adalah 4GB untuk 1 minggu. 

Untuk penggunaan SIM CARD sendiri ada kelemahan sih, contohnya teman Oppa datanya habis pada saat hari ke-5 dan kita ga bisa isi data di kartunya karena kartu turis memang ga bisa diisi ulang. Nah ini bisa jadi pertimbangan kalian juga untuk menggunakan modem meskipun harganya mungkin lebih mahal, karena ga ada internet bisa mati gaya shay.

Me when no internet in my phone

Setelah sedikit tips yang guna dan ga guna dari Oppa, sekarang kita masuk ke tempat wisata yang kudu atau kagak kudu dikunjungi saat kalian ke Hongkong versi Oppa. Oh ya anyway Oppa traveling ini without tour ya so agak random tempat-tempatnya hehe. So ini dia list tempat wisata di Hongkong:


Avenue of Stars with Tongkang 😆

1. Avenue of Stars/Garden of Stars

Gak bisa terlalu banyak kasi comment soal tempat ini karenas pas dateng lagi renovasi, padahal tempatnya sebenarnya bagus karena kalian bisa lihat gemerlapnya kota Hongkong di seberang gitu. Pas aku datang ada kapal tongkang gitu jadi nutupin gemerlap gedung di Hongkong. 

Photo taken from Garden of Stars

Ini patung kalau bisa bangun, uda ditendang muka gua

Akhirnya aku ke daerah gardennya dan well ga terlalu wah untuk ukuran sebuah taman. Jadi di taman ini ada kumpulan statue tokoh-tokoh terkenal di Hongkong (yang gua kenal cuma bruce lee) dan ada kayak jiplakan tangan mereka di statue dari lilin gitu. 


Kumpulan jiplakan tangan orang-orang yang tidak kukenal

Anak babi yang bahagia bertemu sang kakak

Kesimpulannya apakah ini must visit place? I don't know ya karena siapa tau kalau kelar renovasi bisa sebagus yang orang share di instagram mereka, so why not kalian coba mumpung free juga ya kan.




2. Quarry Bay


Kalau kesini pure cuma karena terinspirasi sama video klipnya alan walker yang syuting disini, jadi ini sebenarnya bukan tempat wisata guys tapi ini adalah kompleks apartemen gitu di Hongkong. Yang bikin instagramable dan ramai dikunjungi (yes banyak turis lain pas Oppa kesini bahkan ada yang bikin video klip gitu) adalah warna bangunan apartemen yang warna warni dan cocok jadi background photo. 

Oh ya sekarang uda ada larangan untuk kalian naik ke atas tempat pembuangan sampah mereka untuk dapat gambar instagramable seperti yang kalian lihat di instagram orang-orang. Mungkin masyarakat sekitar agak terganggu dan juga takut ada yang terjatuh ya untuk foto instagramable. So apakah ini must visit? Menurut Oppa ga perlu karena tujuan instagramablenya uda ga dapet karena larangan tersebut.


3. Ladies Market



Dari sekian banyak night market yang akan Oppa share, this one adalah yang paling okay sih dibanding yang lainnya. Variasi barangnya yang banyak banget, dari baju, tas, oleh-oleh, hiasan, dan item lainnya dijual disini dan bahannya masih cukup berkualitas lah dibanding night market lainnya. Oh ya tips kesini adalah berani tawar gila-gilaan, karena Oppa banyak banget belanja yang nawar almost 70% dari harga awal dan berhasil ! Satu lagi sabar-sabar ya kalau mereka yang jualan agak kasar apalagi kalau kamu sudah nawar dan ga jadi ambil, siap-siap didamprat pake bahasa ga dikenal.

MTR terdekat dengan night market ini adalah Mong Kok Station, kalian hanya perlu berjalan beberapa meter sambil melihat jajanan lainnya menuju night market ini. Oh ya note untuk kalian pecinta sneaker, kalau di daerah ini juga dekat dengan sneakers market gitu dan banyak banget diskon untuk sepatu murah dari brand ternama lainnya. Kuncinya kalian harus sabar ya masuk dari toko satu ke toko lainnya. Dari kesabaran itu Oppa bisa dapet 2 sepatu adidas dan 1 sepatu puma dengan harga total 1.5 Juta Rupiah aja !





4. Ocean Park


Mungkin banyak yang bertanya ''Oppa kenapa ga ke disneyland aja?" , well itu masalah selera sih dan setelah observasi sana sini, mostly merekomendasikan Ocean Park karena tempatnya yang lebih mature dan cocok untuk orang dewasa. Untuk harga tiketnya sendiri Oppa dapet promo buy one get one dari Klook , which is recommend banget buat kalian yang suka cari tiket wahana atau atraksi karena harganya dan promonya yang nguntungin banget!





Ocean Park sendiri memiliki stasiun MTR sendiri dengan nama Ocean Park Station dan connected dengan MTR Stationnya, so untuk akses sangat mudah sekali kalau kalian mau kesini. Tempatnya super duper luas dan terbagi dalam beberapa area dari area untuk wahana anak kecil, area untuk kalian melihat binatang, area wahana orang dewasa dan area wahana atraktif lainnya. 





Pastikan kalian untuk memiliki map mereka ya untuk masuk kesini karena to be honest tempatnya gede banget dan agak sulit kalau kalian hanya go through melalui petunjuk arah disini (some of their sign are confusing). Oh ya kalian tidak diperkenankan membawa makanan ya dari luar (kecuali ga ketauan) tapi bole bawa minum dari luar, so pastikan kalian bawa air minum ya karena harga di dalam lumayan mahal (typical theme park).



Apakah tempat ini must visit? Meskipun sangat melelahkan mengitari wahana disini, menurut Oppa ini tempat yang kalian perlu kunjungi terutama apabila kalian travelling bersama keluarga. Theme park ini cukup lengkap dan bisa untuk semua kalangan dan jangan lupa untuk mencoba cable car mereka ya!


5. Ngong Ping Area

Actually kalian bisa menjangkau daerah ini dengan menggunakan cable car dari Thung Cung MTR Station, akan tetapi (dasar emang apes) waktu Oppa kesini cable car tersebut LAGI-LAGI dalam renovasi, akhirnya Oppa harus naik bus dan melewatkan pemandangan indah mereka di cable car. Sepertinya memang universe tidak berkenan dengan trip kali ini 😅


Okay mari kita bahas beberapa daerah yang ada disini:

- Citygate Market

Lokasinya tidak terlalu jauh dari stasiun MTR dan sering disebut sebagai tempat belanja murah di daerah Hongkong. Wajar dari luar sudah tertulis DISKON 70% segede gaban yang tentunya memberikan secercah harapan bagi pecinta diskon ini.


Namun ternyata kenyataannya adalah:




Menurut Oppa harganya ga beda jauh sama harga di Indonesia, hanya lebih murah 50-100 ribu aja. Bahkan ada beberapa item yang lebih mahal dari di Indonesia. Gatau ya kurs Rupiah yang terlalu tinggi terhadap dollar hongkong, yang jelas Oppa ga membawa 1 belanjaan pun dari tempat ini. So sad !



- Tian Tan Buddha



Sesuai yang Oppa bilang di atas, Oppa ke tempat ini menggunakan bus karena cable car yang sedang dalam proses renovasi. Tempat ini terkenal dengan Big Buddha mereka yang harus kalian capai dengan menaiki anak tangga yang banyak yes. Ditambah cuaca yang luar biasa panas, sampailah Oppa ke atas dengan penuh keringat dan lepek banget. Anehnya yang membuat Oppa suka dengan tempat ini bukan patungnya tapi view dari atasnya yang bikin seneng lihatnya.


Oh ya tempat ini satu lokasi dengan Po Lin Monastery, so kalau kalian yang terpikir mau ke Po Lin bisa take a walk dari Big Buddha ini karena memang tempatnya yang satu kompleks disini. So enjoy !



Sekian tempat wisata yang bisa Oppa share ke kalian berikut foto-fotonya, kenapa cuma dikit Oppa? Well itu top 5 yang menurut Oppa paling terbaik yang kalian perlu kunjungi di Hongkong. Another place akan masuk Honorable Mention berikut ini:

1. Nan Liang Garden


Kalau kalian berpergian dengan keluarga kalian alias mungkin kakek atau nenek kalian, they're gonna love this place for sure. Tempat ini kayak taman kecil yang berada di tengah kota dan that's it.

2. Graham Street



Nah kebalikannya dari Nan Liang Garden, tempat ini adalah wajib buat kalian yang mau ngejer konten ala-ala instagram. Terbukti saat Oppa dateng, jalanan ini dipenuhi dengan banyak turis muda yang berebut foto di grafitti pada jalan ini. Note buat kalian hati-hati saat mengambil foto, karena lokasinya yang di jalan utama membuat banyak kendaraan yang lalu lalang disini.

3. Temple Night Street Market

Tidak lebih baik dari ladies market dan barang-barang yang dijual disini juga tidak terlalu bervariasi dan kualitasnya cenderung kurang bagus. Lebih merekomendasikan Ladies Market dibandingkan night market ini karena range harganya yang tidak berbeda dengan ladies market juga. Keunggulan tempat ini adalah banyaknya jajanan street food dan makanan lainnya di kawasan ini.

4. Victoria Peak


Ini adalah tempat yang boleh dibilang membuat Oppa bingung dan tidak sesuai ekspetasi. Entah karena salah memilih spot atau informasi yang salah, tapi tidak ada pemandangan teluk atau harbour sebagaimana Oppa lihat di internet.



5. Sham Shui Po Market


Kesini karena katanya ini direkomendasikan orang-orang Indonesia yang kerja di Hongkong untuk berburu barang super murah. Mencoba kesini dan memang harganya murah namun dengan kualitas yang jauh daripada night market lainnya. Well ad harga dan ada barang guys.





Sekian tips and tempat wisata yang harus (dan tidak harus) kalian kunjungi di Hongkong, sekali lagi ini cuma share pengalaman saja dan open banget kalau temen-temen yang punya pengalaman lain dan ingin membantu temen lainnya untuk share di comment below. Terima kasih sudah membaca dan sampai ketemu di post berikutnya untuk wisata kuliner di Hongkong !


HONGKONG TRIP : TIPS DAN TEMPAT WISATA DI HONGKONG (MUST VISIT PLACE DI HONGKONG) HONGKONG TRIP : TIPS DAN TEMPAT WISATA DI HONGKONG (MUST VISIT PLACE DI HONGKONG) Reviewed by Oppa Kuliner on May 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.