LARA DJONGGRANG RESTAURANT


Anyeong chingu ~~ Setelah dulu sempet bahas salah satu restoran Tugu Group yang bernuansa Shanghai, sekarang aku mau bahas salah satu restoran Tugu Group juga yang bernuansa Indonesia bernama Lara Djonggrang.



Nama Lara Djonggrang sendiri berasal dari salah satu legenda rakyat populer di Indonesia. Lara Djonggrang merupakan restoran fine dining dengan makanan khas Nusantara di dalamnya. Berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro No.4, Menteng, Jakarta Pusat, unsur nusantara dapat kalian rasakan dari pertama kali kalian memasuki restoran ini.



Dekorasi yang dihadirkan di Lara Djonggrang sendiri didominasi oleh dekorasi zaman kerajaan yang terlihat dari meja, kursi dan berbagai ornamen patung dan lukisan yang ada di dalamnya. Kesan nusantara makin terasa saat kalian disambut dengan tarian khas mereka untuk tamu khusus mereka. Oh ya mereka juga ada bar khusus yang kalian bisa gunakan untuk berkumpul bersama temen temen kalian (aku gak bahas detail soal bar karena waktu itu aku visit restaurantnya aja).



Soal makanan sendiri, Lara Djonggrang terinspirasi dari perjalanan Raja Hayam Wuruk yang merupakan penguasa Kerajaan Majapahit saat itu. Invasi yang dilakukan oleh Raja Hayam Wuruk dari daerah satu ke daerah lainnya di Indonesia menginspirasi menu yang ada di restoran Lara Djonggrang.



Sebagai fine dining restaurant, Lara Djonggrang memiliki pelayanan yang di atas rata-rata. Disambut dengan senyum khas Indonesia dari para staff dan pelayanannya sendiri juga excellent. Oh ya untuk kalian pemburu spot instagramable, banyak spot menarik disini yang bisa kalian pakai untuk konten kalian di instagram. Mari kita bahas makanan mereka sekarang !

Tempe Kukus Ayam

Tempe Kukus Ayam (58k)

Tempe kukus actually adalah pertama kali aku coba ya dan it turns out so good. Dikukus dengan campuran daging ayam, buncis, susu dan telur, teksturnya hancur di mulut tapi rasanya luar biasa enaknya. Tekstur buncis dan telurnya dominan disini dan probably one of memorable menu disini for me.

Aneka Sate Khas Tugu Group

Pasar Sate Tugu (408k)

Nah ini beneran kamu kayak bisa cobain sate dari berbagai nusantara dan berbagai jenis ! Ada sate daging manis, sate lidah sapi padang, sate kambing kapuran camaram, sate udang sereh lasem, sate cumi bakar manado, sate ayam batang tebu, sate lilit ikan gianyar (bali), sate ayam warok ponorogo dan sate tempe. Gak sempet cobain semua karena share sama temen-temen but my fav one is sate lidah sapi padang tentunya karena ak pecinta lidah dan sate padang. Bumbunya memang tidak sebold sate padang pada umumnya tapi tekstur lidahnya lembut dan pas.

Aneka Sambal Nusantara

Festival Sambal Nusantara (150k)

Pecinta sambal wajib banget cobain ini ! Kalian bakal dipuaskan sama berbagai jenis sambal dari berbagai nusantara! Ada pilihan Sambal Teri (Sunda), Sambal Tempe (Malang), Sambal Bebeg (Sunda), Sambal Kecombrang (Jawa Barat), Sambal Pecit (Jawa Timur), Sambal Matah (Bali), Sambal Dabu-Dabu (Manado), Sambal Bajak (Semarang), Sambal Lado Mudo (Minangkabau), Sambal Kemangi (Sunda), Sambal Petai (Jawa Barat), Sambal Oncom (Sunda), Sambal Belimbing Wuluh Ikan Asin (Semarang), Sambal Petis (Jawa Timur), Sambal Roa (Manado), Sambal Asam Cireboam (Cirebon), Sambal Terong Ikan Jambal (Jawa Timur), Sambal Leunca (Jawa Barat), Sambal Tomat (Sunda), Sambal Bawang (Jogja) dan Sambal Kecap (Malang). Kalau aku paling suka sambal matahnya mereka dan sambal dabu dabu, yang lainnya juga ada sensasi sendiri dan menambah pengalaman kalian makan sambal dengan berbagai rasa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Udang Petai Balado

Udang Petai Balado(88k)

Masakan udang yang diolah dengan menggunakan bumbu balado dan potongan pete yang dibuat khas Sumatera Barat. Udangnya segar dan bumbu baladonya terasa meskipun tidak bold rasanya. Maklum restoran Lara Djonggrang menyesuaikan lidah orang asing yang juga makan di restoran ini.

Oseng Petai dan Daun Pepaya

Oseng Petai dan Daun Pepaya (68k)

Untuk menu ini daun pepayanya ditumis dengan petai dan udang. Rasanya surprisingly rich dengan rasa petai dan daun pepaya yang saling blend satu sama lain rasanya.

 Rendang Padang


Rendang Padang (108k)

Menu andalan dan paling wajib dicoba kesini !  Tekstur rendangnya lembut dan pas banget di lidah dengan bumbu rendang yang juara banget. Ga heran kalau menu ini disebut sebagai menu andalan di restoran Lara Djonggrang ini.

 Cumi Goreng Bumbu Sereh


Cumi Goreng Bumbu Sereh (88k)

Disebut sebagai salah satu makanan khas yang ada di Jepara, menu satu ini memiliki presentasi yang sederhana yaitu cumi goreng tepung dengan kerenyahan yang pas di lidah, Pembedanya adalah bumbu sereh yang digunakan disini dan menjadi experience baru sendiri buat aku pribadi, Aroma dari bumbu serehnya menambah rasa sedap pada cumi gorengnya menurut aku. 




Dengan kekayaan rasa dan variasi jenis makanan yang ditawarkan disini, Lara Djonggrang jadi pilihan utama kalian untuk yang ingin menikmati Indonesian Fine Dining Restaurant di Jakarta. Selamat mencoba ! Anyeonghigeseyo !

Lara Djonggrang
Jl. Teuku Cik Ditiro No.4, Menteng, Jakarta
021-3153252

Lara Djonggrang & La Bihzad Bar Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato
LARA DJONGGRANG RESTAURANT LARA DJONGGRANG RESTAURANT Reviewed by Oppa Kuliner on December 09, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.