SINGAPURA TRAVEL BLOG : JEWEL CHANGI AIRPORT & HUNTING BROWN SUGAR SINGAPORE

Anyeong semuanya ! It's been a while aku uda lama banget gak nulis blog ya. Sibuk dengan beberapa kerjaan (not only blogger thing tapi kerjaan di my professional job) dan juga beberapa schedule traveling tentunya HAHA. Anyway apa kabar kalian? Buat kalian yang beragama muslim, aku ingin mengucapkan Minal Aidin ya ! Semoga kita bisa saling memaafkan dan menjadi fitrah setiap harinya.

Uda lama gak bikin travel blog ya, sebenarnya bingung mau nulis mengenai Singapore dulu atau Thailand dulu. Nah akhirnya aku decide untuk sharing soal Singapore dulu meskipun gak se-complex itu kan negaranya hehe. Anyway trip aku ke Singapore kali ini kayak beneran mau santai pake banget, jadi gak terlalu banyak Tourist Spot yang aku kunjungi (banyakan belanja sih). Nah yuk kita kupas 4 days 3 nights aku di Singapore !

Tiket

Aku pergi ke Singapura ini menggunakan maskapai Scoot di applikasi Tiket.com dengan harga tiket pesawat ke Singapore dari Jakarta kurang lebih Rp.960.000,- PP ya. Untuk maskapainya sendiri ya karena low budget, tempat duduknya tidak terlalu besar, agak sempit dan agak panas (ini pas pergi ya). You get what you paid lah.

Hotel

Selama disini Singapore, aku menginap di Hotel Chancellor ini. Kenapa? Pertimbangannya karena ini deket daerah Orchard ya. Harganya 2.2 juta per malam tapi karena ada promo Tiket.com yang gledek2 itu akhirnya cuma bayar 1.495 juta per malam. Pengalaman disini untuk kamar bertiga ya just okay lah. Untuk review pengunjung lainnya mengenai hotel di Singapore satu ini bisa klik disini

Haji Lane

Sim Card

Internet adalah kebutuhan mutlak umat manusia ya jadi aku selalu butuh internet kalau traveling. Nah pada kunjungan kali ini aku pake sim card yang kutemukan di Klook dan you know what 100 Gb katanya beb. Koneksinya termasuk cepat sih dan i think sesuai lah sama harganya. Pengambilannya juga mudah tinggal pilih mau di terminal mana, as always ya petunjuk di Klook pun detail hehe. Mau beli juga untuk kalian coba di Singapore? Bisa kalian coba cek Sim Card di Singapore ini dengan klik di sini.

Transportasi

Pilihannya either MRT atau Taksi (sekarang bahkan ada GrabCar dan GoCar lho di Singapore), kebanyakan aku disini naik GrabCar sama jalan kaki sih. Untuk MRT kalian bisa beli kartunya (aku pake EZ-Link) atau bisa juga beli tiket di stasiun MRT dan bayar sesuai perjalanan kemana. Harga GrabCar atau GoCar lebih murah dari taksi pastinya, cenderung mahal memang naik taksi hehe.

Untuk MRT sendiri aku prefer beli kartu EZ-Link aja sih (kalau di Indonesia kayak e-money atau BCA Flazz), pertama bisa dipake lagi kalau kalian balik lagi ke Singapore. Kedua bisa dipake sebagai alat transaksi juga saat kalian belanja di 7-11 misalnya. Kalau memang tidak mau menggunakan kartu, kalian bisa ke mesin tiket di stasiun MRT dengan memilih stasiun tujuan, jumlah tiketnya dan masukkan uang kalian. Tiket akan keluar di lubang bagian bawah beserta dengan kembaliannya. Cara pakai tiketnya tinggal di tab aja di stasiun keberangkatan dan tap keluar di stasiun tujuan, jangan lupa masukkan kembali tiket (bentuknya kartu) tersebut di mesin tiketing lagi untuk mengambil deposit kalian 1$.

Day 1

Jewel Changi Airport

Kebetulan aku tiba di Singapore jam 11 Malam waktu setempat, jadi kayak randomly kepikiran kenapa gak coba aja ke Jewel malam hari mumpung sepi hehe. Menuju Jewel sendiri tidak terlalu sulit dan sudah ada petunjuknya juga sih jadi menurut ak gampang. Kalau kalian dari terminal 2 atau 3 memang lebih deket sih, tapi kalau dari terminal 4 pun kalian bisa naik bus dulu ke T2 dan lanjut ke Jewel. Aku gak bisa terlalu bahas detail caranya gimana, but for sure petunjuknya terpampang jelas dimana-mana so kalian pasti bisa.

Wah takjub sih sama pembangunan pemerintah Singapura untuk Jewel Changi ini, kayak detailnya bener-bener diperhatikan. The longest indoor waterfall katanya di dunia ! Oh ya pas mau pulang aku mampir lagi kesini sih pas siang dan emang bagus sih hahaha. Emang pembangunan di Singapore itu luar biasa sih, no wonder Changi Airport selalu menang best airport di dunia!

Shake Shack

No aku gak makan di Airport dong, karena aku aja sampe uda malam banget kan. Ini adalah restoran baru yg happening di Jewel Changi Airport dan rame parah. Shake Shack adalah American Restaurant yang menjual burger dengan range harga yang kalau di kurs Rupiah sekitar 100 ribuan Rupiah. Temenku yang sampe duluan beliin buat aku, jadi untuk review rasa ini based on 4-5 jam setelah dibuat ya.

Day 2

Maxwell Food Centre

Sumpah seneng banget diriku kesini kayak ini surga makanannya Singapura banget ! Aku dulu kira makanan Singapore gak bakal ada yang enak karena gak pake MSG kan, tapi salah gengs ada juga makanan enak di Singapore. Disini aku cobain Tian Tian Hainanese Chicken yang mendapatkan michelin star dan SUMPAH best nasi hainam in my life sih. Wangi banget nasinya dan ayam rebusnya juga empuk dan gurih. Oyster sauce di dalam sayurnya juga dewa banget, gila pasti kesini lagi sih kalau balik ke Singapore.

Yang kedua yang aku cona adalah si Marina South Delicious Food di Maxwell Food Centre juga lokasinya, pas di seberangnya dan gils ini gak dapat michelin star dan random aja dan turns out best char kwetiau selama trip ini. Kwetiaunya agak becek gitu dan dia pake mie juga di dalamnya dengan menggunakan topping tidak halal, harganya 5$ saja.

Chinatown

Banyak banget street art yang menarik disini jadi kalian bisa sambil explore sambil berhenti di setiap spot untuk foto disini. What to buy disini adalah Lim Chee Guan menurut aku babi mereka disini lebih tasty dan lebih enak daripada yang pernah aku coba di tempat lainnya. Selain itu kalian juga bisa membeli pernak-pernik dengan harga yang affordable sampe temenku belanja habis 100$ disini dong hahaha.

Bugis Junction

Tujuan kesini hanyalah simple untuk mengunjungi Simply Toys yang ada disini untuk membeli Funko Pop. Maklum harga Funko Pop di Singapore memang jauh lebih murah dari yang pernah aku beli di Indonesia hehe. Setelah itu aku lunch di Food Junction mereka dan menemukan Salted Egg Chicken Rice enak bernama Mini Wok Zhi Car. Rasanya enak dan creamynya si salted egg saucenya juga endulita banget, dengan harga 7$ (well di Singapore emang makanan lumayan pricey) ak sih bakal mau makan ini lagi.

Haji Lane

Gak tau apa aku yang salah spot atau emang spotnya biasa aja ya, aku gak terlalu recommend kalian utnuk ke Haji Lane karena menurut aku biasa saja dan tidak banyak yang bisa diexplore disini. Mendingan takes time kalian ke Jewel aja deh instead ke daerah ini hehe.

Paragon Shopping Center

Hunting Brown Sugar Singapore to find the best Brown Sugar Singapore dimulai dari Tiger Sugar Singapore di mall satu ini. Uda siapin mental aku tuh untuk mengantri sepanjang-panjangnya dan ternyata tidak terlalu panjang hanya 10 menit saja. Pesen yang menu mereka yang brown sugar milk with cream brulle yang jadi signature mereka.Bobanya disini malah menurut aku agak keras dibanding di Indonesia, padahal rasa creamynya dan brown sugarnya uda persis kayak yang aku coba di Taiwan. Harganya? 5.3$ haha kalau di Indonesia sih gak laku dengan harga segini hahahaha

Ion Orchard Mall

Brown Sugar Singapore berikutnya masih di daerah Orchard yaitu Heytea Singapore di Ion Orchard Mall. Nah yang ini antriannya malah lebih panjang daripada Tiger Sugar Singapore, aku antri kurang lebih 30 menit ! Yang ini bobanya lebih enak dan chewy serta lembut menurut aku, tidak terlalu creamy rasanya dan harganya lebih murah sekitar 4.5 $. Overall ini melebihi ekspetasi aku sih.

Makansutra Gluttons Bay

Mencari makan untuk dinner disini dengan teman-teman aku dan ternyata makanan disini tidak seenak yang kalian bisa temukan di Maxwell Food Center. Kwetiaunya sendiri menurut aku sama sekali gak enak, gak ada rasa dan hambar, pelayanannya menyeramkan (gila ye ncik2 singapore lebih galak dari yang beli) dan harganya lebih mahal lagi 7$. Kecewa dan gak akan cari makan disini lagi (temanku yang lain pesen di resto berbeda dan jenis makanan lain juga kuciwa)

Day 3

Vivocity Singapore

Mall yang selalu tidak pernah aku lewatkan kalau ke Singapore ! Entahlah dari sekian banyak mall atau pusat perbelanjaan di Singapore rasanya ini mall yang paling aku suka suasananya. Kesini tentunya karena demi ke Simply Toys Vivocity untuk membeli dan mencari funko pop lainnya. Kenapa aku mencari di setiap store yang berbeda? Karena setiap store memiliki funko pop yang berbeda hehe.

Sarapan dulu sebelumnya di Ya Kun Kaya Toast, frankly speaking ini pertama kali aku cobain ini di Singapore. Uda suka banget sama yang di Indonesia dan ternyata lebih jatuh cinta dengan outlet aslinya di Singapore (saking sukanya sampe sebelum pulang pun aku makan ini lagi). Setelah sarapan, langsung minum brown sugar dong dan kali ini aku cobain Brown Sugar dengan packaging lucu namanya Nayuki.

Actually Nayuki ini adalah toko roti yang kebetulan menjual juga Brown Sugar based drinks dengan kemasan yang berbeda dengan yang lain yaitu menggunakan botol. Sempat skeptis apakah akan enak ya karena gak pernah lihat ini dibahas di Instagram dan ternyata bobanya enak banget dan hangat gitu pas dikunyah. Rasa brown sugarnya bold banget, sayangnya agak sedikit watery dan kurang creamy di preference aku.

Founder Bak Kut Teh Cafetaria

Melanjutkan hunting bak kut teh yang jujur aku penasaran banget dari dulu karena katanya ini enak banget dan lebih enak dari Brand Song Fa yang terkenal di Indonesia. Turns out rasanya gimana hayo gengs? ENAK BANGET ! Aku akui ini lebih enak dari brand disebut di atas dan probably the best ever in my life. Rasa ladanya dan mericanya pas dan gak too much, jadi after makan ini pun gak sakit tenggorokan karena kehausan. Dagingnya gila empuk banget sampe aku nambah nasi untuk habisin kuahnya yang enak banget. Harganya 9$ belum termasuk nasi ya.

R&B Tea Toa Payoh

HASIL PENCARIAN BEST BROWN SUGAR SINGAPORE JATUH KEPADA MINUMAN INI. BEST BROWN SUGAR AT SINGAPORE FOR ME ! Maaf woy ngegas tapi uda beneran langsung jatuh cinta dan suka banget sama si R&B Tea Singapore ini. Luckily di outlet ini gak terlalu rame dan pelayanannya ramah banget (sampe sempet ngobrol-ngobrol aku tuh). Aku pesen yang pake cheese brulee, dan pearlnya OMG lembut dan warm banget. Terus si cheese creamnya berpadu dengan caramelised brown sugarnya, aduh aku gak ada kata lagi buat minuman ini. Best ever in my life deh ini (Price 4.8$)

Cineleisure

Orchard Road emang serame itu ya sampe banyak banget pusat perbelanjaan dan lucky me pas ke mall satu ini ternyata The Alley baru aja buka outlet keduanya di Singapore! Tanpa ragu aku langsung pesen yang brown sugar mereka dan antri 30 menit saja disini. Rasanya sedikit kecewa karena too milky buat aku, brown sugarnya cuma terasa di awal dan bubblenya lebih ke arah sedikit keras. Harganya sama dengan Tiger Sugar Singapore, aku pribadi dibanding The Alley Singapore ini lebih milih brand yang lain yang aku coba selama di Singapore.

Maxwell Food Centre

Chicken Rice Maxwell Food Center

Newtoon Food Centre

Tempat satu ini terkenal karena film Crazy Rich Asian ya (padahal di Novelnya bukan disini tempat yang dimaksud). Langsung mencari referensi di blog orang dan nemu stall 51 yaitu mie hokkian yang dimakan sama si Rachel Wu di film ini. Teksturnya lembek gitu ya bukan mie goreng dan mie kuah tapi lebih ke mie nyemek kalau orang Indonesia bilang. Rasanya sedikit plain dan not my preference ternyata.

Itu dia perjalanan singkat aku selama 3 hari di Singapore, memang aku kesini hanya untuk melakukan hunting untuk brown sugar yang ada di Singapore dan Funko Pop jadi isinya ya seputar itu saja. This post will be updated ya everytime aku ke Singapore lagi, siapa tau bisa jadi referensi kalian ya kan kalau ke Singapore. Semoga membantu dan selamat hunting tiket sekarang !

SINGAPURA TRAVEL BLOG : JEWEL CHANGI AIRPORT & HUNTING BROWN SUGAR SINGAPORE SINGAPURA TRAVEL BLOG : JEWEL CHANGI AIRPORT & HUNTING BROWN SUGAR SINGAPORE Reviewed by Oppa Kuliner on June 10, 2019 Rating: 5

1 comment:

1. Great waterfall in Singapore, besides that the food you try is also very good. Thank you for sharing your vacation experiences and knowledge. theapartmentsubud.com