PLATARAN DHARMAWANGSA : ELEGANT INDONESIAN FINE DINING


Anyeong semuanya ! Gimana liburan kalian neh guys? Karena masih dalam suasana lebaran, Oppa mau mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin ya, mohon maaf lahir dan batin! Nah kali ini Oppa akan membahas salah satu restoran yang boleh dibilang merupakan one of the best indonesian restaurant yang pernah Oppa cobain seumur hidup, yes kali ini Oppa akan membahas salah satu restaurant dari group @platarandining.


Sebenarnya bukan pertama kali Oppa mencoba makanan dari group @platarandining, karena sebelumnya Oppa sudah beberapa kali mampir ke restaurant mereka yaitu Plataran Menteng. Lokasinya yang deket dengan kantor, membuat Oppa sudah pernah menikmati lezatnya makanan yang mereka sajikan. So tidak berlebihan rasanya kalau Oppa bilang they serve one of the best indonesian food in the town karena pengalaman makan Oppa yang lebih dari sekali disana dan hebatnya rasanya konsisten! Okay cukup membahas Plataran Menteng, sekarang Oppa akan membahas restaurant mereka lainnya yaitu Plataran Dharmawangsa.


Kalau kalian wondering apa bedanya Oppa dengan Plataran Menteng, actually secara menu makanan hampir semua yang disajikan di Plataran Menteng ada di Plataran Dharmawangsa. So secara rasa tidak ada perbedaan mencolok antara keduanya, jadi soal rasa tetap terjamin enak. Lantas apa yang membedakan? Plataran Dharmawangsa memiliki konsep bangunan yang lebih bernuansa heritage kolonial, hal ini terlihat dari desain meja dan kursi yang ada di dalamnya. 


 Ruang Sedap Malam


Bangunan yang digunakan pun adalah rumah joglo yang sudah berusia kurang lebih 150 tahun yang dipugar sedemikian rupa menjadi plataran yang terbagi menjadi ruangan dari ruang kenanga, ruang sedap malam (ruang tengah), ruang melati dan private area untuk acara tertentu bernama limasan. Selain itu juga ada surau yang biasanya digunakan sebagai mushola di tempat ini.


Beroperasi sejak tahun 2014, Plataran Dharmawangsa boleh dibilang merupakan salah satu elegant indonesian fine dining yang berhasil mengusung konsep tersebut dengan baik. Pengalaman Oppa dari pertama kali menginjak tempat ini, kalian bisa melihat rumah joglo dengan dekorasi yang elegant baik dari luar maupun dari dalam ruangan. Selain itu pada siang hari plataran yang mereka miliki (outdoor area) siap mengiring makan siang kita dengan musik traditional yang membuat ambience colonial heritage makin terasa.

Surau

Membahas soal service atau pelayanan mereka, rasanya hal ini menjadi salah satu keunggulan @platarandining sebagai salah satu restoran di Indonesia. Baik di Plataran Menteng maupun Plataran Dharmawangsa yang pernah Oppa kunjungi, terlihat sekali bahwa mereka tidak hanya memberikan pelayanan yang 'good' but éxcellent'. Staff mereka yang super ramah dan selalu tersenyum menyambut pengunjung serta sangat responsive dan cekatan menjadi salah satu keunggulan dari restoran ini.


Setelah semua point positif di atas, rasanya percuma kalau makanan mereka tidak enak bukan? Nah sesuai dengan apa yang Oppa sampaikan di atas, @platarandining merupakan salah satu restoran indonesia yang memiliki kualitas terbaik yang pernah Oppa coba. Hebatnya rasanya konsisten dan tidak pernah fail to impress me (Oppa sudah pernah ke Plataran Menteng 3-4 kali dan rasanya tidak pernah mengecewakan). Bagaimana dengan makanan di Plataran Dharmawangsa? Let's check it out!


Binjai Chips

Anyone know what's binjai chips? Pertama Oppa juga bingung sama menu ini sampai akhirnya tau kalau ini adalah terong yang digoreng sedemikian rupa dan presentasinya seperti fish chips atau menu fried lainnya. Rasanya? Kayaknya Oppa ga pernah makan modifikasi terong yang membuat Oppa makan lagi dan lagi. Tekstur renyahnya pas dan tidak berlebihan atau terlalu crunchy dan good point adalah tidak berminyak sama sekali. 

Nasi Goreng Keling

Disajikan dengan Black Kalamata Olive, Udang, Ayam dan kerupuk wajib nasi goreng yaitu emping, menu ini merupakan salah satu menu wajib yang harus kalian coba kalau ke @platarandining. Rasanya pas di segala aspek dari tingkat keasinan maupun tekstur nasi itu sendiri. It's so tasteful!

 Binjai Chips

Nasi Goreng Keling

Bebek Manggis Curry

Awal mendengar menunya agak wondering apakah enak bebek dicampur dengan kuah kari? Dan ternyata plataran membuatnya jadi super enak. Rasa currynya memang tidak se-bold rasa kari yang mungkin kalian pernah coba, namun rasa karinya yang light itu yang membuat daging bebeknya masih terasa di dalamnya. Untuk tekstur bebeknya sendiri, empuk dan pas banget di mulut. Salah satu yang juga wajib kalian coba disini.

Ayam Dharmawangsa

Menu ayam disini disajikan dengan potongan mangga di atasnya, yang membuat rasa ayamnya menjadi asam segar. Untuk ayamnya sendiri disajikan dalam bentuk ayam fillet dan memiliki tekstur yang empuk menurut Oppa. Pecinta makanan yang sedikit asam pasti akan jatuh cinta dengan ayam dharmawangsa.

Gurame Telur Asin

Makanan yang diolah dengan telur asin adalah salah satu makanan yang agak tricky menurut Oppa karena kalau too much akan berasa enek dan kalau terlalu kurang sausnya akan terasa seperti bukan makanan olahan telur asin. Nah gurame ini memiliki saus telur asin yang pas dan hebatnya lagi merata di setiap potongan ikannya. Rasa saus telur asinnya bikin nagih dan probably ini menu yang selalu ada kalau Oppa ke @platarandining.

Bebek Manggis Curry

 Ayam Dharmawangsa

Gurame Telur Asin

Onde-onde

Salah satu menu jajanan pasar yang kalian wajib order kalau kalian mampir kesini ! Rice balls yang dibalut dengan biji wijen di kulitnya dan kacang merah di dalamnya, memiliki tekstur yang lembut dan kenyal di lidah. Wajib dicoba!

Pisang Bakar Plataran

Menu penutup lainnya yang menjadi ciri khas dari @platarandining dan wajib dicoba oleh kalian semua adalah pisang bakarnya mereka. Dipresentasikan dengan cantik dengan buah strawberry, rasanya didominasi rasa keju yang berasal keju cheddar yang melapisi si pisang bakarnya. Saucenya juga enak dan menambah rasa pisang bakar itu sendiri.

 Onde-onde

Pisang Bakar Plataran

Overall selalu puas kalau ke restaurant yang merupakan part of @platarandinig dan tentunya akan kembali lagi untuk makanan mereka lainnya. Buat kalian yang pengen mencoba restoran indonesia terbaik di Jakarta, Plataran Dharmawangsa bisa menjadi pilihan. See you in the next culinary! Selamat mencoba!

Plataran Dharmawangsa
Jalan Dharmawangsa Raya No.6
(021) 29044167

Plataran Dharmawangsa Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato
PLATARAN DHARMAWANGSA : ELEGANT INDONESIAN FINE DINING PLATARAN DHARMAWANGSA : ELEGANT INDONESIAN FINE DINING Reviewed by Oppa Kuliner on June 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.